Selasa, 06 September 2011

Puisi Umum

Hujan
Hujan hujan jatuh mengenai pelipis mata
Dingin dan sejuk
Udara basah mengisi ongga paru-paru
Segar terasa saat kuhirup
Rintik hujan menemani malam
Gemericik air memantulkan nada
Memecahkan keheningan malam
Inilah rahmat dari Tuhanku

Dilimpahkannya kepada kami
Menghidupkan apa yang mati
Sebagai ujian, apakah bersyukur diriku ini..!

 

Hamparan Mutiara
Sepi hening dikeramaian
menapat hari tanpa dedaunan
tak satupun serpihan daun menerawang
menutupi diri dalam ketenangan
berdiri sepi menatap rembulan
ditemani sang kekasih malam
hamparan mutiara bersinar terang
tanpa bunyi rembulan malam
diri runtuh penuh keiklasan
menuntun diri mengharap penerangan
wujud nyata tanpa bayangan
menyukuri indahnya alam
merunduk alam tanpa aingin
menitih air dari sang rembulan
melepas angan-angan menunggu ke ikhlasan
agar datang ketenangan

 

Puisi Alam
Bertambah panasnya dunia ini
semakin tak terasa sejuknya angin
semakin tak terdengarnya kicau nyanyian alam
semakin hilang jernihnya air sungai
hanya keringat manusia serakah yang sering menetes
dibumi dan semakin keringnya tanah yang dia pijak
tak ada lagi pohon yang tumbuh, hanya gedung yang
sanggup bertahan saat ini
kemana manusia yang dulu merindukan kesejukan dan
kedamaian?
kini hilang, melupakan keheningan dan kesejukan
udara bersih.... tidakkah manusia merindukan itu
semua
sadarlah manusia serakah, masih banyak pekerjaan
yang tidak harus merusak tempat tinggalmu sekarang?
bumi ini rumah kita bersama?
jaga dan rawatlah bumi?

 

Memberi
Aku datang untuk memberi
bukan untuk meminta atau mencuri
aku datang untuk membahagiakan
bukan untuk menyakiti dan melukai perasaan
aku tak perlu tahu
kau mencintaiku atau tidak
tapi yang pasti aku mencintaimu
itu yang terpenting
kau tak perlu menjawab
kau tak perlu berkata apa-apa
asal kau bilang tidak terjadi apa-apa
aku sudah merasa tenang
andai kau ingin pergi! pergilah!!!
pilih siapa saja yang kau suka
tak perlu menoleh kearah ku
bersatu atau tidak, bersamamu atau tidak
itu bukan masalah bagiku
teruslah berjalan mencari tujuanmu
jika dalam perjalanan kau memerlukanku
panggillah aku!!!
asalkan kau memanggil dengan tulus
aku akan datang menemaui mu
itulah pengabdianku
itulah arti cintaku

 

Bimbang
Gundah dan bimbang yang kurasakan
perasaan apakah ini?
tak menentu kadang
dan kadang juga pergi
tanpa pamitan
sudah ku lupakan semua tapi kasih juga tersisa iba
entah dari mana datangnya
dia selalu memikat jiwa
dan selalu menemani kita
seakan sulit menghilang
bagaikan sebuah hiasan berperekat
serta selalu memikat
setiap hati yang tersesat
tapi......
mengapa hanya sesaat
bukankah dia tak diinginkan
dan bukankah dia bukan idaman
hanya kejelekan yang dimunculkan
dan kebencian yang dinampakkan
serta hanya lidah yang berperang
aku bosan dan tak percaya
haruskah aku perjuangkan
semua dugaan
ataukah kubiarkan tanpa beban
ataukah hanya kujadikan tambatan
hanya rasa penyesalan
yang ku berikan


Aku
Kalu sampai waktuku
Ku mau tak seorang kan merayu
Tidak juga kau

Tak perlu sedu sedan itu

Aku ini binatang jalang
Dari kumpulannya terbuang
Biar peluru menembus kulitku
Aku tetap meradang menerjang

Luka dan bisa kubawa berlari
Berlari
Hingga hilang perdih perih

Dan aku akan lebih tidak perduli
Aku mau hidup seribu tahun lagi


Mawar Ungu
Sekuntum mawar ungu mekar dalam belenggu
nuraninya dindu pada langit biru
tapi tak mau putuskan belenggu

dia coba tuk selalu tersenyum
air mata disimpan di dada
karena cinta hanya sebatas angan saja

nuraninya terbelenggu norma
kadang dia bertanya pada aingin malam
kenapa semua mesti begini
kadang dia dia bertanya pada matahari
kenapa dia mekar disini
tapi matahari diam
angin malam diam
belenggu juga diam
sementara nuraninya tetap bertanya
akhirnya dia coba
untuk menerima
dan pasrah pada Yang Esa
walau nuraninya tetap bertanya


Fatamurgana
Khayalanku semakin menjadi
semenjak engaku hadir dalam mimpi
kucoba untuk mengerti
Apalah arti sebuah mimpi
Disini ku sendiri
Menanti sebuah mimpi
Disuatu masa yang tak tertepi
tuk wujudkan langkah pasti
mungkin disana jawab menanti
ataukah hanyalah kiasa mimpi
tentang engkau gadis misteri
yang pernah singgah dalam mimpi
mengapa kebahagiaanku hanyalah sebatas mimpi
yang akan sirna pagi nanti
hangus dalam sengatan mentari
dan takkan pernah kembali


Cerdas
Berdiri menengadah
menantang langit
menganggap diri paling cerdas
mengklaim diri paling tahu
mengaku paling bijaksana
walau hanya bermodal setetes ilmu
di samudera pengetahuan Allah yang tak bertepi
sungguh malu rasanya
saat perasaan itu melintas dalam hati
sebenar-benarnya bukti
bahwa jiwa pemiliknya terpenjara
bagai katak dalam tempurung kelapa


Jeritan Alam
Angin pagi menyapu
seolah-olah berkata
Namun ku tak mengerti
Apa yang dikatakannya
Yang terdengar hanya Maka
Disisi ruang hampa itu
Dalam diamku
Hatiku pun berbisik
Bingung? Desis-desis hampa
Kutanya pada pohon
Apa jawabnya
Yang ada hnya lambaian daun-daun
Dan gemerisik ranting
Kutanya pada air
Apa jawabnya
Yang terdengar hanya
Alunan air mengalir
Andai aku pahami
Jeritan-jeritan mereka selama ini
Mungkin ku mengerti
Kepediahn yang selam ini terjadi


Usaha
Bila kiamat telah tiba,
di tanganmu masih tergenggam bibit kurma
tak usah ragu menanamnya
karena Allah tidak melihat hasilnya
tapi melihat usaha yang kita kerahkan
Karena Allah menghargai daya upaya
asal sesuai dengan petunjuk-Nya
Kekang nafsu dengan puasa
disiplinkan diri jalani aturan-Nya
sebagai bukti kerja keras kita
untuk tunduk pada perintah-Nya


Rizkiku
Aku tahu, rizkiku tak mungkin diambil orang lain
Karenanya hatiku tenang
Aku tahu, amal-amalku tak mungkin dilakukan orang
lain
Maka aku sibukkan diriku bekerja dan beramal
Aku tahu Allah selalu melihatku
Karenanya aku malu bila Allah mendapatiku melakukan
maksiat
Aku tahu kematian menantiku
Maka kupersiapkan bekal untuk berjumpa robku


Tanyamu
Kalau kamu tanya apa itu cinta
lihatlah dimataku
cinta telah meninggalkan jejak cahaya disana
kalau kau tanya kenapa bisa begitu
jawabanya adalah kamu
kalau masih ada pertanyaan kenapa harus kamu
terus terang...
aku tak tahu
karena kata-kata
tak sanggup lagi menyampaikan isyarat hatiku

| Aneka |

0komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silakan berkomentar, tapi jangan memasukkan SPAM yah…